Rabu, 09 Desember 2015

Resep Mee Grob/Mie Grob


Selamat siang menjelang sore,smart reader! Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat mee grob. Sebelumnya, saya akan memperkenalkan secara singkat tentang Mee Grob itu sendiri. Kebetulan saya dapat moluk Tata Boga jadi saya akan sharing beberapa hal.

Mee Grob adalah mie asal Thailand yang memiliki tekstur garing. Mungkin sedikit aneh dari segi tampilannya karena kita orang Indonesia yang sudah terbiasa dengan mie yang tidak garing seperti itu. Di bawah ini saya akan menyajikan resep Mee Grob.
Bahan:Minyak goreng 200 g bihun4 siung bawang putih, cincang halus2 bh bawang merah, cincang halus300 g udang, kupas2 sdm gula palem2 sdm air asam Jawa2 sdm saus tomat2 sdm kecap ikan300 ml air200 g jamur merang segar, iris2 sdm ebi sangrai, haluskan
Pelengkap:
3 siung bawang putih, iris tipis, goreng
1 batang bawang daun, iris tipis 

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak yang banyak di dalam wajan. Goreng bihun sampai bihun  mengembang dan renyah. Angkat dan tiriskan.2. Panaskan 4 sendok makan minyak sisa menggoreng bihun. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan udang, aduk rata. Masak hingga berubah warna3. Masukkan gula palem, air asam Jawa, saus tomat, dan kecap ikan, aduk rata. Tuang air secukupnya, masak sambil diaduk sampai gula menjadi karamel.4. Tambahkan jamur merang dan ebi, aduk rata, Masak sebentar. Angkat dan tuang ke atas bihun, aduk rata. Sajikan disertai dengan pelengkap. 6 porsi 40 menit
Tips: Pastikan minyak goreng benar-benar sudah panas sebelum menggoreng bihun, agar bihun dapat mengembang.
Nah, selamat dicoba dan dinikmati. Sekian kiriman saya pada kali ini semoga bisa bermanfaat!:)
Sumber pendukung: hungrytravels.com & tabloidnova.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar